20.57

Musik Era Krisis

Industri musik rekaman termasuk yang ikut remuk saat krisis keuangan dunia. Setelah hampir tiga dekade diserang wabah pembajakan, dan sekarang era musik digital semakin memperkecil laju jual album rekaman. Maka anak band lah yang akhirnya mendulang berkah.

Sekarang kita akan kesulitan merunut nama-nama band baru yang muncul. Tercatat sekitar 82 group band/vokal baru yang mewarnai blantika musik rekaman dalam dua tahun terakhir. Dari yang paling anget ada Hijau Daun, Hello, Tequila, Gruvi, ILVU, Lyla, Private Harmony juga Alexa. Sebelumnya juga ada D’Masiv, Rama Band, Matta, Seventeen, J-Rock, The SIGIT, Merpati, Republik, Mozarela, Ken, Plat, Pilot, Angkasa, Titans, Drive, SHE, Wali, Vangetoz, Kotak, Maha, The Rain, Kangen, ST 12, Letto, Maliq & D’essentials, Efek Rumah Kaca dan The Changchuters. Dan sejumlah nama lain masih bisa diteruskan.

Kendati belum genap lima album, group-group yang terbilang baru ini sudah punya jadwal manggung yang akan melebihi kocek one hits wonder-nya. Satu dua hits sudah cukup jadi alasan untuk perform di panggung. Apalagi, sekarang acara tayangan musik di banyak stasiun membuat semakin suburnya kemunculan anak-anak band tadi.


(Berita Indonesia 65)

0 komentar: